Quiz 1 APSI C - Sistem Informasi Traveloka

Traveloka adalah salah satu layanan booking penerbangan dan hotel terbesar di Asia Tenggara, melayani lebih dari 100.000 rute penerbangan dan 100.000 hotel di seluruh dunia. Dengan basis online dan juga harga yang lebih murah, Traveloka bisa disebut sebagai layanan yang paling sering digunakan oleh orang Indonesia jika ingin memesan tiket pesawat dan hotel.

Traveloka bekerjasama dengan maskapai-maskapai yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui http://www.traveloka.com/ . Hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket mendapatkan pilihan langsung dari maskapai yang menyediakannya, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.

Technology and System Information
Hardware: Komputer, server
Software: Web dan aplikasi Traveloka
Network: Jaringan internal Traveloka
Data: Database untuk menyimpan user, transaksi, data-data Traveloka lainnya
People: Orang yang ingin booking tiket pesawat mauopun hotel lewat Traveloka
Process: Kumpulan logic dalam backend Traveloka untuk memproses permintaan transaksi/booking user


A. Operating Support System
  1. Transaction Processing System (TPS)
    Traveloka dalam melakukan transaksi telah mempunyai jaringan komputer yang terintegrasi dengan customer dan maskapai yang menyediakan informasi pemesanan.Tiket yang dipesan akan di book sementara oleh Traveloka dari maskapai. Kemudian dengan menyiapkan berbagai cara membayar, perusahaan menunggu pembayaran dari customer. Jika sudah dibayar maka Traveloka akan membeli tiket tersebut dan informasi tiket akan diserahkan kepada customer untuk digunakan. Ini diatur oleh Traveloka Flight and Accomodation System.
    Juga terdapat sistem routing pembayaran traveloka bernama Traveloka Payment yang memisahkan metode pembayaran yang bisa digunakan oleh consumer. Berupa bank transfer, kartu kredit, maupun wallet.
  2. Enterprise Collaboration System (ECS)
    Karena merupakan perusahaan pemesanan tiket maka Traveloka tentu saja mempunya banyak partner yang berupa maskapai-maskapai penerbangan untuk pemesanan tiket, hotel-hotel untuk pemesanan kamar, serta bank-bank untuk mengurus transaksi pembayaran. Traveloka tentu saja punya sistem untuk mengurus semua itu untuk mempermudah mengurus informasi dan komunikasi antar partner yang berbeda-beda yang bernama Traveloka Airlines System and Hotel Dashboard. Pada Traveloka Airlines  System kita dapat melihat semua daftar tiket dan keberangkatan pesawat dan pada Hotel Dashboard setiap hotel bisa memonitor hotel-hotel kompetitor lainnya.
  3. Process Control System (PCS)
    Sangat banyak proses-proses dalam Traveloka, karna itu dibutuhkan suatu sistem yang mengatur proses-proses tersebut agar lebih mudah dan dapat segera diketahui jika terjadi error. Di Traveloka terdapat PCS dengan nama Traveloka Site-Infrastructure dimana memonitor dan mengatur semua mesin-mesin utama yang digunakan oleh Traveloka
 B. Management Support System
  1. Management Information System (MIS)
    Traveloka memiliki MIS yang bernama Transaction Monitoring System yang menunujukkan berapa banyak transaksi per hari yang masuk pada bank-bank yang berbeda. Dengan ini pihak penjualan Traveloka dapat menganalisis bank mana yang lebih banyak digunakan oleh customer dan bisa dilakukan tindakan untuk mempercepat proses transaksi.
  2. Information Reporting System (IRS)
    Menyediakan informasi produk bagi manajeral dan end users. Akses data IRS berisi informasi tentang operasi internal yang telah diproses sebelumnya oleh transaction processing systems. Informasi produk memberikan gambaran dan laporan yang dapat dilengkapi berdasarkan permintaan, periode maupun ketika terjadi situasi tak terduga. Pada Traveloka terdapat sistem yang digunakan tiap Project Lead untuk memonitor dan mengbagaimana kinerja perkerjaan tim terhadap Traveloka bernama TAP.
  3. Executive Information System (EIS)
    Traveloka memiliki sistem untuk para pemegang saham untuk memonitor kinerja Traveloka bernama Traveloka Management and Monitoring System dimana meliputi semua hal yang menunjang berdirinya Traveloka termasuk transaksi, jumlah pegawai, marketing, saham, dan lain lain.







Executive Information Systems (EIS)

President Direktur (CEO: Ferry Unardi dan CTO: Derianto Kusuma)
    • Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
    • Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.
    • Mengawasi dan mengendalikan perusahaan.


Decision Support Systems (DSS)
General Manajer
    • Mengawasi dan menjalankan kegiatan perusahaan dengan anggaran yang dimiliki.
    • Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategi.


Management Information Systems (MIS)
Manajer Accounting
  • Membuat laporan keuangan.
  • Mengatur alur kas
Manajer Marketing
  • Menjalin relasi dengan konsumen.
  • Memimbing dan membina karyawan di bagian pemasaran
  • Melakukan planing dan analisis pemasaran.

Manajer Personalia
    • Membantu General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusaan.
    • Melayani dalam proses perekrutan
    • Mengawasi dan evaluasi kinerja.

Transaction Processing Systems (TPS) 
Sales Tour And Travel
  • Melayani feedback konsumen.
  • Memantau kompetitor.
  • Menawarkan dan mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen
  • Menjual produk dan jasa Parawisata

Ticketing
  • Menjaga dan memantau stock.
  • Menjalankan segalah kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket..

Messenger
    • Memproses data dan pengiriman tiket.
    • Bekerjasama dengan ticketing.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Final Project TKAP

Selection Sort